Foto oleh Bill Oxford di Unsplash

Analisis Obrolan Netizen Twitter Soal “Bansos”, “Korupsi”, “Mensos”, “Juliari”

Pada hari Minggu (06/12/2020) dini hari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubarat atas dugaan suap bantuan sosial (bansos) penanganan pandemi COVID-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020. Kabar ini cukup mengebohkan antara lain karena Juliari adalah seorang menteri dan juga menteri kedua di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditangkap KPK atas dugaan korupsi. Menteri lainnya yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap KPK beberapa hari sebelumnya (25/11/2020). Hal yang menarik juga adalah bahwa dugaan korupsi yang dilakukan adalah menyangkut pemberian bantuan sosial yang semestinya untuk meringankan beban warga yang mengalami kesusahan akibat terdampak krisis pandemi COVID-19.

Untuk mengetahui respon netizen perihal penangkapan mensos ini, saya melakukan pencarian pesan-pesan berupa twit dengan kata kunci “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari” di media sosial Twitter. Pencarian twit dilakukan hari Minggu (06/12/2020) pukul 17.27 WIB memakai skrip Python yang bernama “Twitoru”. Twitoru berhasil menarik 2675 twit, yang terdiri dari 1351 twit-twit dengan kata kunci “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari”, 1324 twit yang merupakan retweet, serta twit-twit tanggapan (reply dan quote tweet) terhadap twit-twit tersebut. 2675 twit-twit tersebut dituliskan oleh 2379 akun pengguna Twitter.

Sepuluh twit terpopuler (memiliki jumlah retweet terbanyak) dapat dilihat pada gambar berikut:

10 twit dengan jumlah retweet terbanyak perihal topik “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari” (Orudata.web.id)
10 twit dengan jumlah retweet terbanyak perihal topik “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari” (Orudata.web.id)

Grafik jejaring (network graph) 2379 pengguna Twitter (user Twitter) yang membicarakan soal “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari” dapat dilihat pada gambar berikut (sepuluh akun pengguna Twitter dengan retweet terbanyak diberikan keterangan label):

Grafik jejaring (network graph) 2379 pengguna Twitter (user Twitter) yang membicarakan soal “bansos”, “korupsi”, “mensos” (Orudata.web.id)

Grafik jejaring (network graph) 2675 twit-twit yang membicarakan soal “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari” dapat dilihat pada gambar berikut:

Grafik jejaring 2675 twit-twit yang membicarakan topik “bansos”, “korupsi”, “mensos”, “juliari” (Orudata.web.id)

Beberapa twit terpopuler di dalam analisis ini mengaitkan Juliari dengan partainya yaitu PDI Perjuangan (PDI-P). Penangkapan Juliari dianggap menjelekkan reputasi PDI-P. Salah satu twit membawa sentimen agama, yaitu mengaitkan Juliari dengan agamanya, yaitu Kristen.

Beberapa twit terpopuler membahas soal hukuman mati sebagai ganjaran bagi koruptor dana bantuan sosial. Ada twit yang membahas hukuman mati sebagai alat politik. Ada yang menagih realisasi pernyataan Ketua KPK yang pernah menyebutkan soal hukuman mati bagi yang berani korupsi di dana bantuan sosial.

Salah satu twit populer menyorot soal ketidakkonsistenan Juliari soal perilaku anti korupsi. Disebutkan bahwa Juliari pernah menyatakan siap untuk memberantas korupsi, khususnya di lingkungan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Grafik jejaring pengguna Twitter menunjukkan bahwa 4 akun media masuk dalam sepuluh besar akun terpopuler, sementara 6 adalah akun dengan nama individu. Penampakkan garis-garis koneksi (edges) menunjukkan bahwa ada koneksi antara 6 akun individu terpopuler walaupun tidak terlalu jelas. Ini mungkin menandakan bahwa percakapan tidak sepenuhnya terpusat ke dalam kelompok-kelompok tetapi ada juga sedikit hubungan pada kelompok-kelompok yang ada.

Foto ilustrasi oleh Bill Oxford di Unsplash.