Ilustrasi Virus COVID-19

COVID-19 Indonesia

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia, data pandemi ditampilkan dalam bentuk visualisasi interaktif.

Semua data diambil dari situs web Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data yang ditampilkan adalah data sejak awal pencatatan data yaitu sejak tanggal 1 Maret 2020. Dari data itu terbentuk visualisasi berupa grafik garis (time series line chart) dan peta choropleth. Visualisasi akan dimutakhirkan sesuai data yang tersedia di situs web Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Untuk melihat tampilan dengan maksimal, silakan gunakan komputer desktop dengan tampilan layar penuh. Geser fitur ‘Rentang’ untuk mendapatkan data pada rentang tanggal tertentu. Klik provinsi tertentu untuk fokus pada provinsi tersebut. Klik tombol |< untuk kembali ke tampilan awal.

Grafik Pertambahan Harian Jumlah Pasien Positif, Pasien Sembuh, Pasien Meninggal se-Indonesia


Grafik 2 Pertambahan Kumulatif Jumlah Pasien Positif, Pasien Meninggal, Pasien Sembuh se-Indonesia


Grafik Pertambahan Kumulatif Jumlah Tes, Pasien Positif, Pasien Meninggal, Pasien Sembuh se-Indonesia


Grafik Pertambahan Harian Jumlah Tes, Pasien Positif, Pasien Meninggal, Pasien Sembuh se-Indonesia


Peta Kondisi Terkini Provinsi se-Indonesia Berdasarkan Jumlah Pasien Meninggal


Grafik Pertambahan Harian Jumlah Pasien Positif per Provinsi


Grafik Pertambahan Harian Jumlah Pasien Sembuh per Provinsi


Grafik Pertambahan Harian Jumlah Pasien Meninggal per Provinsi


Grafik Perbandingan Pertambahan Harian Jumlah Pasien Positif, Sembuh, dan Meninggal per Provinsi


Grafik Positivity Rate (PR) Harian dan Kumulatif se-Indonesia

Positivity Rate (PR) adalah persentase rasio antara jumlah pasien yang didiagnosa positif dengan jumlah tes yang dilakukan. Positivity Rate harian adalah persentase rasio antara jumlah pasien yang didiagnosa positif dengan jumlah tes yang dilakukan di dalam satu hari tertentu. Positivity Rate kumulatif adalah persentase rasio antara keseluruhan jumlah pasien yang didiagnosa positif dengan jumlah keseluruhan tes yang dilakukan. Jumlah kumulatif adalah keseluruhan jumlah yang diakumulasikan sejak hari pertama pencatatan data. Rumus Positivity Rate (PR) :
Positivity Rate = 100% * Jumlah Pasien Positif / Jumlah Tes

World Health Organization (WHO) merekomendasikan standar aman tingkat Positivity Rate sebesar 5%. Angka 5% ini dicantumkan pada grafik di atas.


Grafik Recovery Rate (RR) Harian dan Kumulatif se-Indonesia

Recovery Rate (RR) adalah persentase rasio antara jumlah pasien yang sembuh dengan jumlah pasien yang didiagnosa positif. Recovery Rate harian adalah persentase rasio antara jumlah pasien yang sembuh dengan jumlah pasien yang didiagnosa positif di dalam satu hari tertentu. Recovery Rate kumulatif adalah persentase rasio antara keseluruhan jumlah pasien yang sembuh dengan jumlah keseluruhan pasien yang didiagnosa positif. Jumlah kumulatif adalah keseluruhan jumlah yang diakumulasikan sejak hari pertama pencatatan data. Rumus Recovery Rate (RR) :
Recovery Rate = 100% * Jumlah Pasien Sembuh / Jumlah Pasien Positif


Grafik Case Fatality Rate (CFR) Harian dan Kumulatif se-Indonesia

Case Fatality Rate (CFR) adalah persentase rasio antara jumlah pasien meninggal dengan jumlah pasien yang didiagnosa positif. Case Fatality Rate harian adalah persentase rasio antara jumlah pasien yang meninggal dunia dengan jumlah pasien yang didiagnosa positif di dalam satu hari tertentu. Case Fatality Rate kumulatif adalah persentase rasio antara keseluruhan jumlah pasien yang meninggal dunia dengan jumlah keseluruhan pasien yang didiagnosa positif. Jumlah kumulatif adalah keseluruhan jumlah yang diakumulasikan sejak hari pertama pencatatan data. Rumus Case Fatality Rate (CFR) :
Case Fatality Rate = 100% * Jumlah Pasien Meninggal Dunia / Jumlah Pasien Positif

Pemrosesan data dilakukan memakai bahasa pemrograman Python dan library Tabula (untuk mengekstraksi data dari dokumen PDF). Visualisasi data dilakukan memakai Tableau Public.

*) Ilustrasi: Cell Vectors by Vecteezy