Foto oleh Uray Zulfikar di Unsplash

Kata Netizen Tentang “Anies”: Analisis Kata Kunci “Anies” di Twitter (01-12-2020)

Hari (Selasa, 01/12/2020), Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta mengumumkan bahwa dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Dua hari sebelumnya (Minggu, 29/11/2020), Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta juga dinyatakan positif COVID-19. Peristiwa-peristiwa tersebut cukup penting karena mereka adalah pemimpin Jakarta, yaitu ibukota Indonesia.

Kabar tentang Anies sempat menjadi perbincangan di media sosial. Untuk mengetahui apa yang dibicarakan netizen tentang kabar terbaru Anies Baswedan, saya melakukan analisis singkat mengenai kata kunci ‘anies’ di pesan Twitter.

Pencarian pesan dengan kata kunci ‘anies’ di twit Twitter dilakukan hari Selasa (01/12/2020) pukul 19.27 WIB. Pencarian dilakukan memakai skrip Python saya yang bernama ‘Twitoru’. Twitoru berhasil menarik 582 twit, yang terdiri dari 439 twit-twit dengan kata kunci ‘anies’, twit tanggapan (reply dan quote tweet) terhadap twit-twit tersebut, serta 143 twit yang merupakan retweet.

Berikut adalah 10 twit dengan respon (engagement) tertinggi terkait kata kunci “anies”:

10 twit dengan respon tertinggi terkait kata kunci “anies”

(silakan klik gambar untuk melihat versi lebih besar)

Grafik jejaring twit (network graph) yang dianalisis adalah sebagai berikut:

Grafik jejaring twit yang berkaitan dengan kata kunci “anies”

(silakan klik gambar untuk melihat versi lebih besar)

Grafik jejaring (network graph) pengguna Twitter (network graph) yang mengirim pesan dengan kata kunci “anies” dan memberi tanggapan terhadap pesan dengan kata kunci “anies” adalah sebagai berikut:

Grafik jejaring pengguna Twitter yang berkaitan dengan kata kunci “anies”

(silakan klik gambar untuk melihat versi lebih besar)

Twit teratas yang mengandung kata kunci “anies” adalah berita tentang pengumuman status kesehatan Anies Baswedan. Salah satu dari twit 10 terpopuler adalah ucapan harapan akan kesembuhan Anies Baswedan. Sebagian besar dari twit populer tersebut adalah narasi-narasi terkait Anies dan COVID ataupun tentang aktivitas Anies Baswedan di pengelolaan DKI Jakarta. Salah satu twit terpopuler tersebut membahas pencalonan Tri Rismaharini (Bu Risma – Wali Kota Surabaya saat ini) sebagai calon Wali Kota DKI Jakarta periode selanjutnya.

Baik grafik jejaring twit ataupun grafik jejaring pengguna Twitter menunjukkan hampir tidak ada koneksi antara twit-twit dan pengguna-pengguna Twitter terpopuler terkait kata kunci “anies”. Hal ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis ini topik-topik percakapan perihal “anies” adalah terpecah, tidak menyatu, di mana masing-masing topik besar memiliki audiens tersendiri.

Seringkali, narasi-narasi diangkat untuk agenda tertentu. Para pembaca sebaiknya tetap berpikir jernih dalam menerima informasi-informasi percakapan di media sosial, terutama dalam mempertimbangkan kebenaran suatu pernyataan dan motif di balik pernyataan tersebut.

Dataset yang dipakai dalam analisis ini dapat di unduh di sini.

Foto ilustrasi oleh Uray Zulfikar di Unsplash